-->
Facebook Twitter Friendfeed
Gratis berlangganan artikel HTC via mail, join sekarang!

Jumat, 28 Oktober 2011

Batik Kayu

Jumat, 28 Oktober 2011
Bobung si Desa Batik Kayu
ImageBobung, terletak di desa Putat, kecamatan Patuk,kabupaten Gunung Kidul, propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  jaraknya hanya 10 km arah barat kota Wonosari atau 30 km arah timur Jogja. Daerah ini  dikenal sebagai sentra kerajinan batik kayu.
Sejarah batik kayu di Bobung dimulai sejak tahun 1960 an. Pada saat itu tari Topeng Panji sedang berkembang di desa ini. Lakon-lakon dalam tari tersebut membutuhkan topeng yang terbuat dari kayu. Ketika Topeng Panji semakin popluer dan dikenal luas di daerah-daerah lain di Yogyakarta, maka permintaan akan topeng kayu buatan pengrajin desa Bobung semakin meningkat pula.
Menurut catatan sejarah, Tari Panji adalah tari topeng yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga pada masa penyebaran agama Islam di Pulau Jawa pada periode 9 (Sembilan) wali yaitu tepatnya pada abad 14 – 15 Masehi. Tari ini merupakan tarian yang dibawakan  sebagai media dakwah untuk menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Tarian ini diperkenalkan oleh Sunan Gunung Jati dan SUnan Kali Jaga di Kesultanan Cirebon, dan kemudian meluas ke daerah-daerah lain di Pulau Jawa.
Topeng kayu karya pengrajin Bobung dibuat berbeda dengan topeng kayu dari daerah asalnya Cirebon. Jika topeng kayu Cirebon didominasi warna-warna terang, topeng kayu karya seniman Bobung diberi dasar motif batik sehingga menambah keindahan topeng kayu. Di Bobung, topeng kayu bermotif batik ini kemudian diperkaya dengan desain lain selain topeng, misalnya desain binatang, peralatan makan dan hiasan lainnya.ImageSemakin banyaknya pesanan batik kayu karya pengrajin Bobung membuat kesenian batik kayu di daerah ini berkembang pesat. Masyarakat yang dulunya adalah petani, sejak tahun 1980 an beralih pekerjaan menjadi pengrajin batik kayu. Kerajinan batik kayu dari Bobung kini bahkan sudah menembus pasar dunia.
Pada tahun 2000, desa ini secara resmi dicanangkan sebagai desa wisata yang menjadikan aktivitas seni di daerah tersebut semakin meningkat. Sikap penduduk yang ramah menjadikan pengunjung yang dating ke Bobung betah berlama-lama di desa ini. Selain melihat di toko, pengunjung juga bisa langsung melihat kegiatan para pengrajin yang sedang membuat batik kayu sambil menikmati sejuknya udara di desa wisata tersebut. [Magda]

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © batik indonesia | Powered by Blogger | Template by HTC