-->
Facebook Twitter Friendfeed
Gratis berlangganan artikel HTC via mail, join sekarang!

Jumat, 28 Oktober 2011

Batik Lukis

Jumat, 28 Oktober 2011
Seni lukis batik (batik painting) yaitu lukisan dengan menggunakan media bahan, pemrosesan dan pewarnaan seperti halnya pada pembuatan batik.
Jalan masuk menuju desa Gunting Glilangharjo Pandak Bantul tidaklah seperti jalan yang mulus beraspal. Kalaupun beraspal hanya jalan utamanya tapi ketika kita memasuki dusun hanya ada jalan tanah yang di kedua sisinya oleh masyarakat di semen/cor. Tapi siapa sangka ternyata dusun ini banyak terdapat pengrajin batik painting yang bahkan kadang di kunjungi oleh turis dari mancanegara yang ingin melihat langsung pembuatan batik painting.

Adalah Bpk Sugito, seorang seniman batik painting pemilik Pradita Batik. Industri rumah tangga lukisan batik tersebut telah ia lakoni lebih dari 10 tahun bersama istrinya yang dibantu dengan beberapa tetangganya, sampai saat ini pun masih ditekuninya. Menurut pak sugito, permintaan lukisan batik masih cukup banyak, terutama dari mancanegara.

Selain menjual produk berupa batik painting, Pak Sugito juga mengaku membagikan pengetahuannya kepada siapa saja yang berminat seputar proses pembuatan batik painting, dari awal sampai ke tahap pewarnaannya.

Dengan perkembangan-perkembangan teknik maupun pewarnaan batik, maka batik pun diaplikasi dalam seni lukis batik  (batik painting) yaitu lukisan dengan menggunakan media bahan, pemrosesan dan pewarnaan seperti halnya pada pembuatan batik.

Dipersiapkan kain katun atau sutera seluas bidang lukis yang diinginkan. Kemudian dibuat sket atau coretan-coretan atau apapun tergantung dari masing-masing orang yang ingin membuatnya, karena terkadang untuk langsung menuangkan ekspresi seninya, pembatikan di atas kain dilakukan tanpa menggunakan sket atau coretan-coretan terlebih dahulu namun langsung mencoretkan malam dengan canting ataupun kuas di atas kain. Pada batik lukis ini seringkali pembatikan dan pewarnaan dilakukan beriringan untuk mendapatkan hasil lukisan yang diinginkan.

Khusus pada pewarnaan untuk menciptakan efek-efek khusus, gradasi atau efek-efek yang lainnya terkadang selain kuas digunakan juga kapas atau potongan kain.

Yang terpenting dalam proses pembuatan batik lukis ini adalah perpaduan antara pengerjaan pembatikan dan pewarnaan yang tergantung dari citarasa seni pembuatnya. Sesungguhnya pembuatan batik lukis ini sangatlah rumit ketika ingin mendapatkan warna dan efek yang diinginkan karena terkadang warna dan efek tersebut tidak dapat tercapai. Namun jika warna dan efek tersebut dapat tercapai maka akan mendapatkan lukisan dengan warna yang sangat indah luar biasa. Disinilah kelebihan dari lukisan batik dibanding lukisan lain.
Lukisan yang indah akan terlihat pada kain setelah proses pelorodan malam batik dilakukan.

Disela-sela pembicaraannya ia berkeinginan untuk mencoba bekerjasama dengan para desainer baju, untuk menampilkan baju-baju batik lukis dalam fashion show. Sekaligus mengenalkan bahwa batik lukis juga bisa di gunakan dalam fashion......Sumber:http://www.jatengpromo.com/promo/13

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © batik indonesia | Powered by Blogger | Template by HTC