-->
Facebook Twitter Friendfeed
Gratis berlangganan artikel HTC via mail, join sekarang!

Jumat, 09 Desember 2011

Batik Tanah Liek

Jumat, 09 Desember 2011

Batik Tanah Liek:
batik tanah liek Batik Tanah Liek Sumatera Barat
Batik tanah liek adalah batik khas Minangkabau (Sumatera Barat). Dinamakan batik tanah like karena media pewarna dasar kain adalah tanah liat yaitu dengan merendam dasar kain yang belum dibubuhi motif ke dalam larutan tanah liat. Proses ini dapat memakan waktu lebih dari 24 jam untuk mendapatkan ketahanan warna tanah yang menyatu dengan kain.
Batik tanah liat ini sangat khas, sesuai dengan tema yang diambil dari alam terkembang. Adapun motif batiknya antara lain akar berdaun atau tumbuhan merambat, pucuk rebung, keluk daun pakis, dll. Biasanya, motifnya bersifat lukisan non figuratif, tidak bermotifkan lambang atau simbol.
Batik Tanah Liek menurut sejarahnya berasal dari Cina yang dibawa oleh pedagang Cina. Karena indahnya wanita Minang memanfaatkan batik ini untuk selendang. Harganya tergolong mahal  Sehingga hanya digunakan pada acara-acara tertentu saja. Pada acara itu pun hanya dipakai oleh ninik mamak dan bundo kanduang, atau panutan adat.  Selendang ini selalu dipertahankan oleh orang Minang sebagaikerajinan peninggalan nenek moyang.Sumber:http://www.tokobajubatikonline.com/blog/batik-tanah-liek-sumatera-barat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © batik indonesia | Powered by Blogger | Template by HTC