-->
Facebook Twitter Friendfeed
Gratis berlangganan artikel HTC via mail, join sekarang!

Jumat, 09 Desember 2011

Sepatu Batik

Jumat, 09 Desember 2011

Agnes Tandia: Lewat Kulkith Pasarkan Sepatu & Sandal Batik Hingga Malaysia & Belanda

SEPTEMBER 14, 2010
Batik kembali menjadi inspirasi usaha atau bisnis kawula muda. Kali ini, Agnes Tandia, mahasiswi Jurusan Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB yang baru meraih gelar sarjananya, memiliki usaha sepatu dan sandal batik ”online” bernama Kulkith. Dia memulai usahanya pertengahan 2009. Agnes sengaja memilih batik sebagai material utama produknya. Dia ingin batik dipakai dan dihargai kaum muda.
”Remaja selalu melihat batik sebagai kain yang hanya pantas dipakai orang tua, hanya cocok untuk acara resmi, seperti kondangan. Pandangan itu yang ingin saya ubah,” tutur Agnes.
Melalui produknya ia berharap batik bisa menjadi bagian keseharian kaum muda. Dia berharap kaum muda bisa mencintai batik.
Langkahnya dimulai dengan membuat jaket batik. Meski bertentangan dengan selera pasar, jaket yang cara pemasarannya hanya dipamerkan kepada kawan-kawan di kampus itu mendapat respons positif. Banyak temannya yang kemudian memesan jaket dengan capuchon dan kedua sisinya bisa dipakai bergantian itu.
Tes pasar ini dinilai Agnes cukup berhasil. Dia melihat ada peluang untuk mengampanyekan batik kepada kaum muda.
Otaknya kembali berputar saat melihat limbah kain batik pembuatan jaket yang relatif banyak. Tak ingin limbah itu terbuang sia-sia, Agnes menyulapnya menjadi sepatu dan sandal batik.
”Saya memilih sepatu dan sandal karena kebutuhan batiknya sedikit,” katanya.
Posisinya di Bandung juga menguntungkan karena Agnes dengan mudah bisa mendapatkan penjahit yang sudah ahli. ”Kualitas jahitannya bagus,” katanya.
Dengan modal batik, penjahit andal, dan ilmu di bangku kuliah, Agnes mulai memproduksi sepatu dan sandal batik. Ia menciptakan desain sepatu dan sandal sesuai model yang sedang in agar produknya digemari anak muda.
Apabila saat itu sandal-sepatu model Gladiator sedang musim, Kulkith tak ketinggalan. Jika sedang musim sandal dan sepatu flat, Agnes juga membuat model serupa, termasuk sepatu boot ala Dr Martin.
Inilah tantangan terbesar Agnes. Kreativitasnya diuji. Bagaimana dia bisa menciptakan desain unik dengan corak batik yang sesuai sehingga pas dengan selera anak muda. Dia kerap memadukan corak batik dengan kulit sintetis.
Untuk bahan, Agnes relatif tak kesulitan mendapatkannya. Di sejumlah pasar kain di Bandung, ia bisa mendapatkan kain batik yang dibutuhkan. ”Di Bandung, kain batik relatif lengkap, ada batik Pekalongan, Cirebon, Solo, Yogyakarta. Malah sampai kain tenun ikat pun ada,” katanya. Namun, setiap kali dia berkesempatan pergi ke luar kota, Agnes bakal menyempatkan diri berburu kain batik setempat.
Kesuksesan Kulkith dengan Agnes sebagai motor utamanya barangkali tidak akan tercapai bila tak ada situs jejaring sosial Facebook. Saat semua orang berlomba-lomba memanfaatkan Facebook (FB) untuk bersosialisasi di dunia maya, dia tak mau ketinggalan. Dia menjadikan FB sebagai media pemasaran online.
Cara ini ditempuh Agnes sebenarnya karena saat merintis Kulkith modalnya sangat terbatas. Dengan memilih pemasaran online, ongkos promosi bisa ditekan. ”Pembeli memesan dulu, setelah membayar baru sepatu dibuat,” kata Agnes.
Cara lain yang dia tempuh adalah dengan mensponsori blogger yang dikenal luas di dunia maya sebagai fashion blogger. Nah, karena blogger itu mengapresiasi produknya dan memberi ulasan positif, jadilah penjualan sepatunya meroket.
Pembelinya tak hanya di dalam negeri. Jangkauan Kulkith sudah melebar hingga Malaysia dan Belanda. Tahun 2009 Agnes mengirim lima lusin sepatu ke Belanda. Omzet usahanya sekitar Rp 50 juta per bulan.
Sukses dengan toko online-nya, Agnes lalu merintis offline store di Bandung serta merekrut saudara dan teman-teman untuk membesarkan usahanya. Dia juga berencana membuka toko di Bali. Setelah lulus, Agnes semakin mantap membesarkan usahanya itu.
Sumber: KompasKulkith

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © batik indonesia | Powered by Blogger | Template by HTC